Home / Tutorial / Delphi / Bagaimana Cara Instal Zeos Delphi Berlin 10.1

Bagaimana Cara Instal Zeos Delphi Berlin 10.1

apa kabar kalian? tentunya sehat selalu. dikesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara instal Zeos Delphi berlin 10.1. sedikit saya jelaskan mengenai komponen zeoslib pada delphi adalah komponen yang berfungsi untuk mengkoneksikan interface yang kita buat dengan database.

sebenarnya konsep  kerjanya sama saja hanya berbeda di pemanggilannya saja. mungkin ada yang sudah terbiasa menggunakan Ado.net atau mungkin sudah terbiasa menggunakan komponen zeos ini. dan jujur saja admin lebih suka menggunakan komponen zeos

  • sebelum melangkah ke bagian bagaimana cara instal komponen zeos di delphi 10.1 sebelumnya kalian dapat mendownload komponennya di bawah artikel ini. tentunya dengan mengklik tombol yang berada pada lock sebagai cara untuk membuka link download komponennya.
  • setelah kalian mendownload komponen maka extract file download kalian di document ataupun di folder D.
  • jik kalian mengextract file download kalian maka lanjutkan dengan membuat aplikasi delphi kalian.
  • pada aplikasi delphi bukalah menu Tool-Option-Library dan tambahkan beberapa path folder ke dalam project sebeperti gambar dibawah ini.

Bagaimana Cara Instal Komponen Zeos Delphi berlin 10.1

  • Tambahkan semua folder yang diberi tanda merah dari gambar diatas.
  • setelah kalian berhasil menambahkan semua path ke dalam library maka selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah membuka project komponen zeos dengan masuk kedalam folder hasil download kalian cari folder package dan buka project23 dalam folder seperti gambar dibawah ini.

Bagaimana Cara Instal Komponen Zeos Delphi berlin 10.1

  • setelah kalian membuka projectnya maka dilanjutkan dengan meng compile project dengan cara masuk ke menu project-compile all project. tunggu hasil compile hingga selesai seperti gambar dibawah ini.

Bagaimana Cara Instal Komponen Zeos Delphi berlin 10.1

  • setelah proses compile selesai maka dilanjutkan dengan menginstal zcomponentdesign dari komponen zeos delphi berlin 10.1 dengan cara klik kanan pada zcomponentdsgn lalu pilih instal seperti gambar dibawah ini.

Bagaimana Cara Instal Komponen Zeos Delphi berlin 10.1

  • dengan demikian kalian sudah dapat menikmati komponen zeos pada RAD Studio Delphi berlin 10.1 kalian. dengan memamfaatkan komponen ini kalian bisa membuat project dengan menggunakan database. pada artikel berikutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara mengkoneksikan delphi dengan database mysql menggunakan komponen zeos ini.

jika kalian masih bingung dengan penjelasan diatas kalian dapat menonton video dibawah ini untuk lebih lengkapnya.berikut ini adalah link download dari komponen zeos delphi berlin 10.1

password : www.beliprogram.com

About admin

Check Also

Mengenal fungsi fold and unfold pada delphi XE

Mengenal Fungsi FOLD and UNFOLD pada Delphi XE

Untuk membantu mengoptimasi pekerjaan menganalisis kode program menjadi lebih cepat dan mudah, Anda bisa menggunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *