Home / Tutorial / Delphi / Cara Instal Komponen Tcomport Delphi Berlin 10.1

Cara Instal Komponen Tcomport Delphi Berlin 10.1

Cara Instal Komponen Tcomport Delphi Berlin 10.1

Apa kabar kalian semua? tentunya sehat dan disertai rejeki yang melimpah. pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai Cara Instal Komponen Tcomport Delphi Berlin 10.1. sebelumnya kalian pasti bertanya apa sih komponen Tcomport Itu?

Tcomport merupakan komponen diluar bawaan delphi sendiri. komponen ini digunakan orang programmer untuk membuat aplikasi yang dapat terhubung dengan mikrokontroler. wah sampai disini tentunya pembahasan akan lebih menarik karena dengan memamfaatkan komponen ini kita dapat membuat aplikasi yang terhubung dengan alat. sebagai contoh aplikasi yang dapat kita buat dengan komponen ini adalah sebagai berikut:

  • Aplikasi absensi menggunakan RFID
  • membuat aplikasi parkir berbasis RFID
  • dan juga aplikasi Logger Suhu

dan tentunya banyak lagi yang bisa kalian buat. lalu bagaimana cara proses instalasinya? sayapun pada awalnya hampir kebingungan untuk mendapatkan Tcomport ini yang support dengan delphi Berlin 10.1 ini karena kebanyakan yang ada di website orang komponen yang diberikan tidak dapat berfungsi dengan baik sampai suatu ketika saya mendapatkan komponennya. ada sedikit perbedaan pada saat proses instalasinya. untuk file komponen Tcomport nanti kalian dapat download di bawah artikel ini. tentunya bantu saya untuk klik tombol share ataupun subcribe agar dapat membuka link download komponennya. Baiklah saya akan memberi tahu kan langkah-langkah proses instalasinya. berikut langkah-langkahnya:

  • letakkan folder download komponen di document atau di folder D yang pasti diluar folder program file atau folder delphi berlin 10.1 sendiri.
  • setelah kanlian letakkan lanjutkan dengan menambahkan path komponen pada delphi dengan cara pilih Tools-Option-Delphi Option- Library -library Path. seperti gambar dibawah ini:

  • Klik Browse dan tambahkan folder source pada folder hasil download yang telah kalian copy sebelumnya seperti gambar dibawah ini.

cara instal komponen Tcomport pada delphi berlin 10.1

  • setelah kalian path librarynya maka di lanjutkan dengan membuka project comport di folder source lalu pilih Delphi XE proect group 1. maka file proect akan terbuka. Setelah dibuka maka dilanjutkan dengan membuka menu project-compile all project seperti gambar dibawah ini.

cara instal komponen Tcomport pada delphi berlin 10.1

cara instal komponen Tcomport pada delphi berlin 10.1

  • Pada menu project manager pilihlah DsgnCportDXE dengan cara klik kanan lalu pilih instal seperti gambar dibawah ini:

cara instal komponen Tcomport pada delphi berlin 10.1

setelah proses selesai maka komponen dapat digunakan untuk keperluan project kalian.

download komponen dibawah ini:

password: www.beliprogram.com

terima kasih sudah berkunjung di website beliprogram.com sampai jumpa dikesempatan berikutnya.

terima kasih

About admin

Check Also

Mengenal fungsi fold and unfold pada delphi XE

Mengenal Fungsi FOLD and UNFOLD pada Delphi XE

Untuk membantu mengoptimasi pekerjaan menganalisis kode program menjadi lebih cepat dan mudah, Anda bisa menggunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *