Home / Tutorial / Delphi / Membuat Live Template Delphi XE

Membuat Live Template Delphi XE

Fitur Live Template merupakan fitur yang sangat luar biasa. Mengapa bisa demikian? Fitur ini dapat digunakan untuk mengoptimasi proses penulisan kode program di dalam editor IDE Delphi secara cepat dan sangat efisien.

Hal ini karena tidak berhubungan dengan validasi terhadap elemen-elemen yang ada di dalam suatu library dan sifatnya adalah independent. Jadi, setiap Live Template dapat dipanggil dengan cepat sekali tanpa terasa ada beban ketika sedang dieksekusi.
Apabila Anda sudah merasa terbiasa atau familiar dengan aplikasi Microsoft Word besutan dari perusahaan raksasa Microsoft, Anda pasti sudah mengetahui dan mungkin sering menggunakan salah satu fiturnya, yaitu AutoCorrect. Fitur Live Template ini memiliki karakter atau fungsi yang hampir sama dengan fitur AutoCorrect. Dengan begitu, Anda dapat membayangkan betapa mudahnya untuk menuliskan kode program dengan cepat dan tentunya akan terhindar dari kesalahan penulisan kode program.
Implementasi dari fitur Live Template dapat membantu kita dalam melakukan standarisasi sebuah kode program. Tidak hanya itu, khusus bagi Anda yang bekerja membuat komponen, fitur ini juga bisa digunakan untuk membantu Anda dalam mempercepat proses pembuatan komponen. Ketika Anda membuat class, property, method dan elemen-elemen lain menggunakan Live Template maka proses pekerjaan Anda akan menjadi terasa lebih menyenangkan dan lebih bersemangat. Dengan kondisi tersebut, Anda bisa menghasilkan ide-ide cemerlang sehingga mampu membuat sebuah komponen yang berkualitas.
Seperti halnya di dalam fitur AutoCorrect pada aplikasi Microsoft Office Word di mana dapat menampung banyak sekali key-key yang nantinya dijadikan acuan untuk memanggil template dari suatu kata atau kumpulan kata terformat, begitu pula di dalam fitur Live Template, Anda juga dapat membuat banyak sekali Live Template. Bahkan kelebihan dari Live Template jika dibandingkan dengan AutoCorrect adalah fitur Live Template dapat diterapkan sebuah parameter dalam jumlah yang Anda butuhkan.
Teknik penggunaan fitur Live Template ini dapat memberikan efisiensi yang luar biasa dalam penulisan kode program. Fitur Live Template juga memungkinkan Anda untuk menentukan parameter, artinya Anda dapat
membuat live template yang dinamis.
Anda dapat membuat banyak live template, namun Anda harus memperhatikan tentang cara memanggilnya. Anda harus memberikan nama atau kode pemanggil yang mudah untuk diingat oleh Anda dan tim Anda. Dengan demikian, kerancuan dalam menggunakan live template bisa dihindarkan. Jika Anda dapat menggunakan fitur Live Template, Anda akan mendapatkan kenyamanan yang luar biasa ketika Anda mampu melakukan proses mapping terhadap kode-kode program yang sering Anda ketikkan. Penulisan kode-kode live template adalah menggunakan XML sehingga Anda akan menggunakan tag-tag tertentu yang sudah ditentukan. Berikut tag-tag default yang digunakan untuk membuat live template:

ƒ Codetemplate

ƒ Template

ƒ Description

ƒ Author

ƒ Code

ƒ Point

ƒ Text

ƒ Hint

Tanpa Point:

<?xml version="1.0" encoding="utf-8" ?> 
<codetemplate xmlns="http://schemas.borland.com/Delphi/2005/codetemplates" version="1.0.0">
< template name="" invoke=" "> <description> 
 
 </description>
   < author> 
 
   </author> 
      < code language=""><![CDATA[]]> 
      </code> 
        </template> 
 </codetemplate>

Dengan Point:

<?xml version="1.0" encoding="utf-8" ?> 
<codetemplate xmlns="http://schemas.borland.com/Delphi/2005/codetemplates" version="1.0.0"> 
< template name="" invoke="manual"> <description> 
 
   </description> 
   < author> 
   </author> 
   <point name="PointName"> 
       <text> 
          PointName 
       </text> 
       <hint> 
          PointHint 
       </hint> 
       </point> 
          < code language=""><![CDATA[]]> 
       </code> 
       </template> 
    </codetemplate>

Ada dua opsi cara memanggil ( invoke ) live template. Anda bisa memanggil secara otomatis atau manual dengan menampilkan daftar live template terlebih dahulu, kemudian memilihnya.

ƒ Manual

ƒ Auto

Setiap live template disimpan di dalam sebuah file XML yang ditempatkan di folder tertentu. Sebagai contoh:

  • C:\Users\ekoindri.QOSMIO-PC\Documents\RAD Studio\code_templates

Panel Templates yang terdapat di dalam IDE Delphi selalu mengacu ke direktori tersebut untuk menampilkan daftar live template. Untuk menampilkan daftar live template tersebut, Anda dapat menekan tombol Ctrl + J. Pada dasarnya, ketika Anda menekan tombol Ctrl + Space, Anda juga dapat melihat daftar live template di sana. Namun, hal itu tidak akan menjadi efektif karena semua deklarasi termasuk method dan elemen-elemen lain juga ada di dalam daftar tersebut. Dengan demikian, apabila Anda ingin memfokuskan diri untuk menampilkan daftar live template saja, Anda bisa menekan tombol Ctrl + J.

Membuat Live Template Delphi XE

Penghapusan atau pemindahan file live template dari folder live template akan menyebabkan live template yang bersangkutan tidak bisa ditampilkan dari daftar template, dan tentunya live template tersebut juga tidak dapat dipanggil lagic.

About admin

Check Also

Aplikasi SCHOOL MANAGEMENT SYSTEM dengan PHP MYSQL

Aplikasi School Management System dengan PHP MYSQL

kemarin ada yang massage saya menanyakan apakah ada sistem management untuk sekolah? lalu saya katakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *