Home / Tutorial / Arduino / Membuat Reader RFID dengan RDM 6300 dan Arduino

Membuat Reader RFID dengan RDM 6300 dan Arduino

hai teman – teman pada kesempatan kali ini saya akan menunjukan bagaimana cara membuat reader RFID dengan RDM 6300 dan arduino. sebelumnya bagi kalian yang tidak mengetahui apakah itu RFID?. RFID merupakan Radio Frequency Identification) atau yang lebih dikenal dengan Identifikasi Frekuensi Radio.  RFID itu sendiri adalah  sebuah metode untuk identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFIDatau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. pengaplikasian RFID pun dapat dilakukan dalam banyak hal yaitu seperti contoh :

  1. Sebuah sistem absensi yang dimana kartu mahasiswa digunakan untuk absen. kartu mahasiswa itu sendiri adalah sebuah tag RFID yang nantinya pada saat setiap mahasiswa absen untuk kuliah. mahasiswa diwajibkan untuk menempelkan kartu mahasiswanya pada reader RFID dan nantinya reader tersebut akan secara otomatis menginputkan data absensi mahasiswa tersebut
  2. Sistem Ticketing untuk kereta api.
  3. sistem Perpustakaan yang terintegrasi menggunakan RFID
  4. sistem penjualan yang terintegrasi menggunakan RFID dimana fungsi RFID adalah sebagai pengganti Barcode yang notabene RFID lebih tahan lama dibandingkan menggunakan barcode.

dan banyak lagi contoh-contoh pengaplikasian RFID lainnya. Masalahnya jika kita membeli mesin reader RFID yang sudah jadi harganya cukup menyita isi dompet kita, apalagi jika adalah seorang mahasiswa biasa. maka pada artikel ini saya akan menunjukkan bagaimana cara membuat reader RFID dengan menggunakan RDM 6300 dan Arduino. untuk perangkaiannya kalian bisa tonton video dibawah ini.

untuk code yang kita tanamkan pada arduino kalian bisa download disini.

jika sudah upload code tersebut pada arduino. dan silahkan coba tampilkan screen monitor pada software arduino dan tempelkan tag RFID pada Reader RDM 6300. disana akan terlihat kode dari tag RFID yang kalian baca.

semoga artikel ini dapat bermamfaat buat kalian. dan jangan lupa untuk share artikel-artikel dari beliprogram.com . tunggu artikel artikel lainnya yang tentunya jauh lebih menarik dan bermanfaat. jika kalian masih ada pertanyaan atau hal yang masih belum jelas dari yang saya sampaikan diatas kalian bisa tinggalkan komentar.

About admin

Check Also

Aplikasi SCHOOL MANAGEMENT SYSTEM dengan PHP MYSQL

Aplikasi School Management System dengan PHP MYSQL

kemarin ada yang massage saya menanyakan apakah ada sistem management untuk sekolah? lalu saya katakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *